SMPN 2 Ampelgading Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui IHT

istimewa
istimewa
istimewa

Ampelgading, 2 Agustus 2023 – Dalam upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 2 Ampelgading, sekolah tersebut mengadakan In House Training (IHT) dengan tema “Perencanaan dan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka” Acara ini berlangsung pada tanggal 2 Agustus 2023 dan dihadiri oleh seluruh guru dan tenaga pendidik di sekolah tersebut. Harapannya, para peserta dapat meningkatkan pemahaman tentang perencanaan pembelajaran yang efektif dan asesmen yang tepat guna.

Kepala Sekolah SMPN 2 Ampelgading, Bapak Bahrun Rosyid, S.Ag, M.A., dalam sambutannya menegaskan betapa pentingnya disiplin bagi para guru. Beliau menekankan bahwa disiplin menjadi kunci utama dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu, IHT ini bertujuan untuk memberikan wawasan kompetensi kepada para guru profesional agar mereka dapat merencanakan pembelajaran yang menarik dan efektif, serta mampu melakukan asesmen yang tepat untuk memantau perkembangan belajar siswa.

Kegiatan IHT ini mendapatkan dukungan penuh dari Komite SMPN 2 Ampelgading, yang diwakili oleh Bapak Sugiman. Beliau menyampaikan kegembiraannya atas terselenggaranya acara ini dan berharap agar semua peserta IHT mengikuti kegiatan ini dengan sepenuh hati. Bapak Sugiman juga berharap bahwa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini akan berdampak positif bagi kemajuan belajar anak-anak di SMPN 2 Ampelgading.

Pengawas sekolah dan sekaligus menjadi pemateri utama dalam kegiatan ini adalah Bapak Muhammad Raharjo, S.Pd., M.Pd. Beliau menjelaskan bahwa IHT ini bertujuan untuk “refresh” pemahaman tentang kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka, guru diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran yang matang menjadi hal yang sangat penting bagi keberhasilan proses belajar mengajar di era kurikulum merdeka.

Pada sesi selanjutnya, Bapak Raharjo juga menjelaskan pentingnya asesmen pembelajaran yang efektif. Dalam asesmen, guru perlu mampu mengukur kemampuan dan perkembangan belajar siswa secara menyeluruh. Asesmen tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga aspek psikomotorik dan afektif. Hal ini menjadi penting karena setiap siswa memiliki potensi dan karakteristik belajar yang berbeda-beda.

Dalam rangka mencapai tujuan asesmen yang menyeluruh, peserta IHT diberikan pemahaman tentang berbagai metode asesmen yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Mulai dari asesmen formatif yang digunakan untuk perbaikan, hingga asesmen sumatif yang dilaksanakan di akhir tujuan pembelajaran.

Tak hanya itu, peserta juga diajak untuk memahami pengolahan hasil asesmen dan pelaporan perkembangan belajar siswa. Data hasil asesmen yang diperoleh menjadi bahan penting dalam mengevaluasi efektivitas pembelajaran dan memberikan umpan balik bagi guru dan siswa. Oleh karena itu, kemampuan untuk menganalisis data dan merumuskan tindakan perbaikan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

Selain sesi pembelajaran teoretis, IHT ini juga menyediakan ruang untuk diskusi dan berbagi pengalaman antar guru. Para peserta diajak untuk berbagi praktik terbaik yang telah mereka lakukan dalam proses perencanaan dan asesmen pembelajaran. Hal ini bertujuan agar peserta dapat saling memperkaya pengalaman dan mengadopsi strategi yang terbukti efektif dalam konteks pembelajaran mereka masing-masing.

Dalam kesempatan penutupan, Bapak Bahrun Rosyid menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta IHT yang telah aktif berpartisipasi. Beliau berharap bahwa ilmu dan wawasan yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat diimplementasikan dengan baik dalam praktik pembelajaran sehari-hari. “SMPN 2 Ampelgading harus terus menjadi sekolah yang berkualitas, dan itu dimulai dari para guru yang profesional dan berkompeten,” ujarnya.

Diharapkan, dengan terselenggaranya IHT ini, mutu pembelajaran di SMPN 2 Ampelgading akan semakin meningkat. Guru-guru yang lebih kompeten dalam merencanakan dan melakukan asesmen pembelajaran diharapkan dapat menciptakan proses belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi seluruh siswa di sekolah tersebut. SMPN 2 Ampelgading pun berharap dapat terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi pendidikan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *